dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh
model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran SKI di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan yang
menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI
di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen dan penelitian eksperimen ini masuk kedalam kategori
penelitian kuantitatif. Populasi ini diambil dari seluruh siswa kelas VIII sebanyak
46 orang dan sampel sebanyak 32 orang siswa. Penelitian ini dilakukan
menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan
dokumentasi. Pengelolaan penelitian ini menggunakan rumus uji “t”, uji validitas
serta rumus realibilitas untuk melihat kontribusi yang diberikan antara variabel
1 dan variabel 2. Setelah data terkumpul lalu dihitung menggunakan teknik uji
“t” dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien uji “t” dengan
tabel nilai “t” pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa thitung = 3,195 lebih besar
daripada ttabel baik itu taraf 5% (2,120) dan 1% (2,921) dengan formulasi
bandingan yaitu 3,195>2,120 dan 2, 921. Nilai rata-rata dengan menggunakan
metode konvensional 70,00 dan standart deviasi 2,415 dan nilai rata-rata dengan
menggunakan model pembelajaran Talking Stick 81,25 dan standart deviasi
10,247. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan
model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada
mata pelajaran SKI di MTs Muhammadiyah 15 Medan. |
en_US |