Abstract:
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah kemampuan
sosial anak yang masih rendah, sehingga tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan kemampuan sosial anak melalui kegiatan bermain tanpa
menggunakan alat permainan pada anak RA Arrahmah Gedung Johor Medan agar
kemampuan sosial anak lebih baik. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini
adalah apakah melalui kegiatan bermain tanpa menggunakan alat permainan
dapat meningkatkan kemampuan sosial anak RA Arrahmah Gedung Johor
Medan, dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya
meningkatkan kemampuan sosial anak melalui kegiatan bermain tanpa
menggunakan alat permainan di RA Arrahmah Gedung Johor Medan berhasil
ditingkatkan.Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh anak dengan kategori
berhasil mencapai 80% dari seluruh anak dan pada seluruh indikator observasi
dengan standart ketuntasan nilai minimal berkembang sesuai harapan (BSH).
Hasil analisis pada penelitian ini berdasarkan keberhasilan yang diperoleh bahwa
pada pra siklus keberhasilan mencapai 25%, selanjutnya pada siklus I
keberhasilan sebesar 42,18%, terjadi peningkatan pada siklus II dengan
keberhasilan sebesar 84,4%, akan tetapi ada dua indikator yang belum mencapai
ketuntasan minima 80%, maka dilanjutkan pada siklus ke III, selanjutnya pada
siklus III keberhasilan mencapai 90,6%