dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Apakah pengguaan model
pembelajaran Giving Question And Getting Answer efektif dalam meningkatkan
hasil belajar Kemuhammadiyahan siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun
pelajaran 2017/2018. Dari hasil penelitian ini, maka peneliti mengambil
kesimpulan bahwa Pengaruh Penerapan Model Giving Question And Getting
Answer terhadap Hasil Belajar Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 07
Medan sangat berpengaruh, hal ini dapat dibuktikan melalui rumus korelasi
product moment dan uji “t” yang dilakukan menggunakan SPSS 20, yang
dinyatakan sebagai berikut ini: Dari seluruh angket yang diberikan kepada 35
siswa dengan jumlah item 15, maka diperoleh hasil yang sangat baik terhadap
model pembelajaran pada materi MKCHM (Matan Keyakinan dan Cita-Cita
Hidup Muhammadiyah) hal ini dapat dilihat dari persentase yang didapat dari
keseluruhan jawaban angket diatas sebesar 92,35%. Dari tabel diatas dapat
disimpulkan siswa yang mendapatkan nilai 81-100 sebanyak 15 orang dengan
persentase sebesar 60,00% dan yang mendapatkan nilai 61-80 sebanyak 12 siswa
dengan persentase sebesar 40,00%. Dari hasil koefesien korelasi product moment
Person dengan tabel dimana nilai “r” product moment pada taraf signifikansi 5%
dan 1% pada N= 27 yaitu sebesar 0,381 dan 0,487, diperoleh rxy = 0,620. Dengan
formulasi perbandingan rxy yaitu sebesar 0,620 yang lebih besar dari 0,381 dan
0,487 maka terdapat korelasi yang tinggi. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa
“terdapat pengaruh positif” antara model Giving Question And Getting Answer
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP
Muhammadiyah 57 Medan. Dari hasil rxy = 0,620 kemudian dihitung
menggunakan rumus uji “t” maka diperoleh hasil thitung= nilai ttabel untuk N= 35
maka diperoleh hasil nilai ttabel =2,04 dan 2,75. Ha diterima jika thitung lebih besar
daripada ttabel dan Ho diterima jika thitung lebih kecil daripada ttabel, begitu pula
sebaliknya. Dari hasil diatas thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 6,41>2,04 dan
2,75 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dari uji “t”
diatas dapat diartikan bahwa “ terdapat hubungan yang signifikan” antara model
pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Kemuhammadiyhan di SMP Muhammadiyah 7. |
en_US |