dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas
XII AK SMK Swasta Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition
(AIR) Terhadap Kemampuan Berfikir Dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta
Tamansiswa Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan
di SMK Swasta Tamansiswa Medan yang beralamat di Jl. Tilak No. 133/ Jl.
Sabaruddin No. 08 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XII AK SMK Swasta Tamansiswa Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah
30 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XII
SMK Swasta Tamansiswa Medan yang berjumlah 30 orang (total Sampling).
Intrumen penelitan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian dan Angket
Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition dan angket Kemampuan
Berfikir. Test sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya sedangkan angket model Auditory Intellectually Repetition
sebanyak 10 item dan angket kemampuan berfikir sebanyak 20 item. Berdasarkan
hasil penelitian Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
terhadap hasil belajar siswa menunjukkan, hasil thitung 2,168 > ttabel 1,70 (sig 0,039
< 0,05).Menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Auditory Intellectually
Repetition (AIR) berpengaruh signifikan terhadap Hasil belajar siswa. Dari hasil
pengujian Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap
kemampuan berfikir menggunakan analisis jalur diperoleh 0,201 < 0,5
menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
berpengaruh signifikan terhadap Kemampuan berfikir siswa. Untuk Kemampuan
berfikir terhadap hasil belajar siswa berpengaruh positif signifikan dengan nilai
thitung 2,342 > ttabel 1,70 dengan (sig 0,027 < 0,05), selanjutnya nilai R Square
dalam model regresi adalah 0,320 atau sebesar 32% Model Pembelajaran Auditory
Intellectually Repetition (AIR) (X1) dan kemampuan berfikir(X2) berpengaruh
terhadap hasil belajar(Y) siswa SMK Swasta Tamansiswa Medan dan 68% hasil
belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti. |
en_US |