dc.description.abstract |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan motivasi belajar siswa pada kompetensi
dasar memposting buku besar akuntasi. Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah
1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis
yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 10 item angket dan 9 item pre
test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata – rata sebelum
menggunakan model pembelajaran Inkuiri 55,89 dan standar deviasi 8,28.
Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri nilai rata – rata
59,43 dan standar deviasi 8,49. Pre test diperoleh nilai rata-rata 70,89, dan standar
deviasi 10,18. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 85,12 dan standar
deviasi 12,48 dalam pengujian hipotesis menunjukkan untuk angket memperoleh
thitung 8,02 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan
0,05, dengan db = N – 1 = 38 maka ttabel = 1,686. Dengan membandingkan antara
thitung dengan ttabel diperoleh (8,02>1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima,dan
untuk tes tertulis diperoleh thitung 3,98 dan ttabel = 1,686 . Dengan membandingkan
antara thitung dengan ttabel diperoleh (3,98 >1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho
diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran
Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1
Medan”. |
en_US |