Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Cafriza, Bella Tasyah
dc.date.accessioned 2020-11-12T03:51:23Z
dc.date.available 2020-11-12T03:51:23Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10772
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri dan motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar memposting buku besar akuntasi. Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 39 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 10 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis data angket diperoleh nilai rata – rata sebelum menggunakan model pembelajaran Inkuiri 55,89 dan standar deviasi 8,28. Sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Inkuiri nilai rata – rata 59,43 dan standar deviasi 8,49. Pre test diperoleh nilai rata-rata 70,89, dan standar deviasi 10,18. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 85,12 dan standar deviasi 12,48 dalam pengujian hipotesis menunjukkan untuk angket memperoleh thitung 8,02 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 38 maka ttabel = 1,686. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (8,02>1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima,dan untuk tes tertulis diperoleh thitung 3,98 dan ttabel = 1,686 . Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel diperoleh (3,98 >1,686), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan”. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inkuiri en_US
dc.subject Motivasi dan Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account