Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menulis
teks berita, karena tidak adanya media pendukung dalam pembelajaran yang
ditandai dengan rendahnya hasil tes menulis teks berita siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Sosial Instagram Medan Talk
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 57 Medan,
yang total keseluruhannya 76 dan terdiri dari tiga kelas. Setelah dilakukan random
sampling untuk menentukan sampel, maka terpilihlah kelas VIII-C sebagai sampel
dalam penelitian ini, yang di mana jumlah siswanya sebanyak 26 orang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain
penelitian one-group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan oleh
penulis untuk mengukur keberhasilan media adalah tes tertulis. Setelah data
dianalisis, diketahui bahwa kemampuan menulis teks berita sebelum
menggunakan media sosial instagram Medan Talk memperoleh nilai rata-rata
49,78 termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan sesudah menggunakan media
sosial instagram Medan Talk memperoleh nilai rata-rata 84,18 termasuk dalam
kategori baik sekali. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis
terbukti karena to > ttabel. to (2.813) > ttabel (1.675), maka hipotesis di terima dan
terbukti kebenarannya. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Sebelum dan Sesudah
Menggunakan Media Sosial Instagram Medan Talk. Jadi, penelitian ini memiliki
pengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 57 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020.