dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar akuntansi mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan
Akuntansi UMSU Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa semester III, maka peneliti menetapkan pengambilan
sampel dengan Total Sampling yakni sebanyak 61 mahasiswa. Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah engket dan dokumentasi.
Pengaruh variabel (X) Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap variabel (Y) Hasil
Belajar Mahasiswa yaitu sebesar 0,565 ini terbukti dari perhitungan korelasi
product moment dan berada pada kategori kuat. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar
5,259 jika dibandingkan dengan ttabel 1,671. Hal ini berarti thitung 5,259 > ttabel
1,671. Hal ini berarti adanya pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap
Hasil Belajar Semester IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program
Studi Pendidikan Akuntansi UMSUtahun Akademik 2017/2018. Hasil uji
determinasinya adalah 31,9%. Hal ini berarti bahwa pengaruh Motivasi Belajar
Mahasiswa telah mampu menerangkan sekitar 31,9% terhadap Hasil Belajar
Mahasiswa Semester IV Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi
Pendidikan Akuntansi UMSUtahun Akademik 2017/2018, sisanya sekitar 68,1%
disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. |
en_US |