Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Braistorming Dengan Menggunakan Media Koran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smpn 2 Lima Puluh Kab.Batu Bara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Nuh, Shafrillyandi
dc.date.accessioned 2020-11-12T03:07:18Z
dc.date.available 2020-11-12T03:07:18Z
dc.date.issued 2018-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10752
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah dengan menerapan model pembelajaran Brainstorming dengan menggunkan media Koran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn di kelas VII-C di SMP 2 LIMA PULUH Tahun Pembelajaran 2017/2018” pada materi Pelanggaran HAM di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Pelanggaran HAM dan Pengadilan HAM. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa.Teknik pengumpulan data observasi dan data tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMPN 2 LIMA PULUH KAB.BATU BARA berjumlah 30 orang siswa/i. .Hasil belajar siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Lima Puluh pada mata pelajaran Pkn Pelanggaran HAM di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Pelanggaran HAM dan Pengadilan HAM setelah diterapkan metode Brainstorming yaitu pada Pos Test I (siklus I) siswa yang tuntas berjumlah 16 orang atau dengan persentase 53,33% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 14 orang atau dengan persentase 46,67% dengan nilai rata-rata kelas 74,16, selanjutnya pada Pos Test II (siklus II) siswa yang tuntas berjumlah 27 orang atau dengan persentase 90,00% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang atau dengan persentase 10,00%. dengan nilai rata-rata kelas 80,66. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa semakin meningkat dan termasuk pada kategori sangat tinggi, sehingga jelas bahwa pada siklus II hasil belajar siswa telah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 85%. Melalui penerapan metode Brainstorming pada mata pelajaran Pkn materi Pelanggaran HAM di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Masyarakat dan Pelanggaran HAM dan Pengadilan HAM di kelas VII-C SMP Negeri 2 Lima Puluh terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal berhasil terjadi pada siklus II. Dimana peneliti melakukan perbaikan pada pengelolaan kalompok yaitu peneliti mengelompokkan siswa dengan cara tiap-tiap kelompok terdiri atas anggota yang heterogen dari segi tingkat kepintaran, dan jenis kelamin. en_US
dc.subject Model pembelajaran Brainstorming en_US
dc.subject Media Koran,Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Braistorming Dengan Menggunakan Media Koran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Di Smpn 2 Lima Puluh Kab.Batu Bara Tahun Pelajaran 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account