Abstract:
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar
siswa dan mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Starts With A
Question dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran
PKn
Kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan pada materi Keberagaman Suku,
Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes wawancara. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII T
3
SMP Muhammadyiah 01 Medan yang
berjumlah 31 orang siswa yang memiliki minat belajar dan yang tidak memiliki
minat belajar. minat belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah siklus I
dimana peserta didik dengan kategori Sangat Berminat (SB) sebanyak 0,6% pada
kategori Berminat (B) sebanyak 2,17% pada kategori Kurang Berminat (KB)
sebanyak 2,79% pada kategori Tidak Berminat (TB) sebanyak 4,03%. Dan minat
belajar peserta didik meningkat pada siklus II dengan kategori Sangat Berminat
(SB) sebanyak 1,86% pada kategori Berminat (B) sebanyak 5,89% pada kategori
Kurang Berminat (KB) sebanyak 1,86%. Dan pada kategori Tidak Berminat (TB)
tidak ada. Dimana penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A
Question dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
01 Medan Tahun Ajaran 2017/2018