Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman Siswa tentang Otonomi Daerah di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Nurma Windia Ayu
dc.date.accessioned 2020-11-12T02:57:45Z
dc.date.available 2020-11-12T02:57:45Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10742
dc.description.abstract ada penelitian ini ditemukan beberapa rumusan masalah, diantaranya adalah “Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017”. Pada penelitian ini diambil populasi dan sampel dari siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Tes yang diberikan terdiri dari 10 tes yang berbentuk esayy test sedangkan observasi sebanyak 21 terdiri dari lembar observasi variabel X dan Y. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman belajar siswa, dan melihat ketercapaian tujuan dengan menggunakan model pembelajaran Student teams Achievement Division. Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada tes yang telah dilakukan, dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 10 butir soal esayy, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 79,12%. Korelasi XY adalah 0,769. Dan pencapaian reabilitas tes diperoleh sebesar 0,71 dengan kriteria “Reabilitas sangat tinggi”. Sedangkan pada observasi kegiatan siswa saat kegiatan belajar berlangsung, dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 21 point pemahaman siswa, keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 76,9%. Sementara pada tingkat ketuntasan belajar, persentase siswa unas sebesar 70 % dan siswa tidak tuntas sebesar 30%. Melihat persentase ketuntasan belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student teams Achievement Division adalah sangat baik en_US
dc.subject Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman Siswa tentang Otonomi Daerah di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account