Abstract:
ada penelitian ini ditemukan beberapa rumusan masalah, diantaranya
adalah “Apakah ada pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Division) dengan menggunakan Media Digital Video terhadap
Pemahaman belajar siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran
2016/2017”.
Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan
menggunakan Media Digital Video terhadap Pemahaman belajar siswa di SMP
Negeri 1 Batang Kuis tahun Pembelajaran 2016/2017”.
Pada penelitian ini diambil populasi dan sampel dari siswa SMP Negeri 1
Batang Kuis yang berjumlah 40 siswa.
Instrumen penelitian berupa tes dan observasi. Tes yang diberikan terdiri
dari 10 tes yang berbentuk esayy test sedangkan observasi sebanyak 21 terdiri dari
lembar observasi variabel X dan Y. Tes digunakan untuk mengukur pemahaman
belajar siswa, dan melihat ketercapaian tujuan dengan menggunakan model
pembelajaran Student teams Achievement Division.
Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada tes yang telah
dilakukan, dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 10 butir soal esayy, keseluruhan
diperoleh rata-rata sebesar 79,12%. Korelasi XY adalah 0,769. Dan pencapaian
reabilitas tes diperoleh sebesar 0,71 dengan kriteria “Reabilitas sangat tinggi”.
Sedangkan pada observasi kegiatan siswa saat kegiatan belajar berlangsung,
dengan sampel sebanyak 40 siswa dan 21 point pemahaman siswa, keseluruhan
diperoleh rata-rata sebesar 76,9%. Sementara pada tingkat ketuntasan belajar,
persentase siswa unas sebesar 70 % dan siswa tidak tuntas sebesar 30%.
Melihat persentase ketuntasan belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa
pengaruh belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student teams
Achievement Division adalah sangat baik