Abstract:
umus masalah penelitian ini sebagai berikut: “Apakah ada peningkatan hasil
belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran think pair share dengan
menggunakan media video visual bergerak kelas VIII PPKn MTsN 3 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018?”
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan model pembelajar think pair share dengan menggunakan media video
visual bergerak kelas VIII PPKn MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018.
Adapun Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 3 Medan yang terdiri
2 kelas berjumlah 89 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah menerapkan
model pembelajar think pair share dengan menggunakan media video visual
bergerak kelas VIII PPKn MTsN 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Teknik Analisis data menggunakan rata-rata kelas dan tingkat ketuntasan belajar.
Adapun hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata 63,03 sedangkan
siklus II dengan nilai rata-rata 81,85.
Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa ternyata penerapan model
pembelajaran think pair share dengan menggunakan media video visual bergerak
dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penguasaan siswa terhadap materi
pembelajaran meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan tingkat ketuntasan hasil
evaluasi peserta didik secara klasikal setelah menggunakan model pembelajar
think pair share dengan menggunakan media video visual bergerak dari 40% pada
siklusi I, kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan yang sangat
memuaskan dengan tingkat ketuntasan 92,13%.