Abstract:
Rumusan Masalah Penelitian ini sebagai berikut : Bagaiamana Penerapan
Model Pembelajaran Cooperative Scripts dalam proses pembelajaran PPKn di
Kelas VII SMP Negeri 24 Medan. Apakah penggunaan Cooperative Scripts
dapat meninggkatkan hasil belajar PPKn di Kelas VII SMP Negeri 24 Medan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan instrumen penelitian Tes yang
berbentuk (essay test) dan observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar PPKn siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Medan.
Melalui Penggunaan Cooperative Scripts. Adapun sabjek dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Medan. Yang terdiri dari dua
Kelas berjumlah 47 siswa. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah
siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Medan. Yang terdiri satu kelas berjumlah 21
siswa. Dari hasil analisis data dapat dilihat bahwa . Penerapan Model
Pembelajaran Cooperative Scripts ternyata dapat meningkatkan hasil belajar
PPKn siswa penguasaan pada materi pembelajaran meningkat. Hal ini dapat
lihat dengan tingkat ketuntasan evaluasi siswa sebelum menggunakan
Cooperative Scripts Pada Tes Awal yaitu 19,05%, pada siklus I meningkatkan
menjadi 71,43% kemudian terjadi Peningkatan yang sangat memuaskan pada
siklus II yaitu menjadi 90,48%.