Research Repository

Analisis Numerik Terhadap Konsentrasi Tegangan Di Kotak Transmisi Roda Gigi Kendaraan Berat Dengan Variasi Laju Pembebanan

Show simple item record

dc.contributor.author Rizal, Mahmud
dc.date.accessioned 2020-03-01T08:06:25Z
dc.date.available 2020-03-01T08:06:25Z
dc.date.issued 2018-03-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1071
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsentrasi tegangan terhadap 3 kotak transmisi dengan menggunakan software ansys. Pengujian terhadap kotak transmisi digunakan pengujian statis dan dinamis untuk mengetahui total deformation, equivalent elastic strain dan tegangan equivalent stress. Perbedaan kotak transmisi model 1,2 dan 3 yaitu rasio lubang dan massa jenis terhadap kotak transmisi, rasio lubang model 1 yaitu 1,8, rasio lubang model 2 yaitu 1,5, rasio lubang model 3 yaitu 1,4. jumlah massa jenis pada kotak transmisi model 1 yaitu 0.26 kg , kotak transmisi model 2 yaitu 0,63 kg , kotak transmisi model 3 yaitu 2,82 kg . Hasil analisis terhadap statik structural bahwa terdapat tegangan maximum diantara total deformation, equivalent elastic strain, dan equivalent stress pada kotak transmisi model 1,2 dan 3 yaitu: Pada total deformation kekuatan maximum terletak pada kotak transmisi model 1, Pada equivalent elastic strain kekuatan maximum terletak pada kotak transmisi model 1, Pada equivalent stress kekuatan maximum terletak pada kotak transmisi model 1. Pada saat transien (dinamis) dilakukan penyetingan waktu yaitu number of stepnya 1, current step number 1, step end timenya 1 s, initial substepsnya 20, minimum substepsnya 20, maximum substepsnya 20. Jadi dilihat dari hasil total deformation, equivalent strain, equivalent stress pada kotak transmisi model 1,2 dan 3 yaitu: Pada total deformation kekutan maximum terletak pada kotak transmisi model 1, Pada equivalent elastic strain kekuatan maximum terletak pada kotak transmisi model 1, Pada equivalent stress kekuatan maximum terletak pada kotak transmisi model 1. Jadi perbedaan antara static struktural dan transien struktural hanya membedakan waktu, kalau statik structural tidak menggunakan waktu sedangkan transient struktural menggunakan waktu. en_US
dc.subject Simulasi ansys en_US
dc.subject Variasi pembebanan. en_US
dc.subject kotak transmisi en_US
dc.title Analisis Numerik Terhadap Konsentrasi Tegangan Di Kotak Transmisi Roda Gigi Kendaraan Berat Dengan Variasi Laju Pembebanan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account