Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan
metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan pemahaman siswa PKn kelas
XI SMK-1 Harapan Mekar Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 pada materi Hak
Asasi Manusia.
Subjek Penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru mata
pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas XI SMK-1 Harapan Mekar Medan.
Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil pemahaman
siswa pada tes awal di peroleh 2 dari 30 siswa (6,66 %) yang paham dan yang
belum paham 28 orang siswa. Hasil pemahaman siswa pada siklus I diperoleh
sebanyak 26 siswa (86,66%) yang paham, sementara yang belum paham sebanya
4 orang siswa (13,33%) sedangkan untuk hasil pemahaman siswa pada siklus II
diperoleh sebanyak 29 orang siswa (96,66%) yang paham , sementara yang belum
paham sebanyak 1 orang siswa (3,33%). Berdasarkan hasil siklus II diketahui
bahwa motivasi dan hasil pemahaman siswa meningkat dan berhasil.