Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan
pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika yang
berbasis budaya lokal?. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengembangkan
pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika yang berbasis
budaya lokal (2) untuk meningkatkan pembelajaran matematika disekolah dengan
pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah Penelitian Pengembangan dengan menggunakan pendekatan
etnomatematika. Instrumen yang digunakan adalah angket respon siswa. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VII-c SMP Asuhan Jaya Medan T.A 2017/2018
yang berjumalah 36 orang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 14 siwa
perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan
pendekatan etnomatematika . Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa rata- rata
skor respon angket siswa berada pada interval 15> 4,2, dengan demikian media
upuh ules sangat layak digunakan dalam pembelajaran matematika.