Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Means
Ends Analysis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli T.P
2017/2018. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-B SMP Negeri 2 Labuhan Deli T.P 2017/2018 yang berjumlah 26 orang.
Hasil penelitian data sebelum menggunakan model pembelajaran Means Ends
Analysis. yaitu nilai terendah yang di peroleh adalah 50 dan nilai tertinggi adalah
79. Sedangkan hasil analisis data setelah menggunakan model pembelajaran
Means Ends Analysis. yaitu nilai terendah yang di peroleh adalah 65 dan nilai
tertinggi adalah 100.pada tes awal (pretest) mendapat persentase sebesar 65% dan
kemudian pada test akhir (post test) naik menjadi 83%.Tingkat kemampuan siswa
kelas VIII-B SMP Negeri 2 Labuhan Deli dalam memecahkan masalah paling
banyak pada tingkat kemampuan 3 yaitu siswa sudah mampu melaksanakan tahap
memahami masalah, menyusun recana penyelesaian, dan tahap melaksanakan
rencana penyelesaian dengan persentase 39,4% dari 26 orang siswa. Sedangkan
32,7% dari 26 orang siswa berada pada tingkat kemampuan 4 yaitu siswa telah
mampu melaksanakan tahap memahami masalah, menyusun rencana
penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali..
Kemudian 17,8% berada pada tingkat kemampuan 2 yaitu hanya mampu
memahami masalah, tidak mampu menyusun dan melaksanakan rencana
penyelesaian serta memeriksa kembali. Rata-rata 10,1% dari 26 orang siswa
berada pada tingkat kemampuan 1 yaitu siswa tidak mampu melaksanakan empat
langkah pemecahan masalah sama sekali.