Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis
eliciting activities materi bangun datar segi empat hasil pengembangan dengan
desain 4-D.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi
(Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), RPP dan tes), dan angket respon siswa.
Dari hasil penelitian, Hasil validasi rencana pelaksanaan pembelajaran adalah
“Sangat Valid” dengan Persentase skor sebesar 89%. Sedangkan Hasil validasi
lembar kerja peserta didik adalah “Sangat Valid” dengan Persentase skor sebesar
91%. Tes yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes tertulis dalam
bentuk pilihan ganda dan uraian sebanyak 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir
soal pilihan uraian. Hasil tes kelas VII berdasarkan ketuntasan belajar tergolong
tuntas. Dimana rata-rata hasil tes sebesar 75,31 dan siswa yang tuntas belajar
sebanyak 9 orang. Sedangkan persentase pencapaian ketuntasan belajar sebesar
75%. Respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan berbasis eliciting
activities adalah Positif, dan LKPD yang dikembangkan berbasis eliciting
activities sesuai dengan tingkat kemampuan siswa. Siswa dapat memahami bahasa
pada LKPD serta tertarik untuk menggunakan LKPD