Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan apakah ada pengaruh pembelajaran
menggunakan pendekatan Predict-Observe-Explain terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa dalam materi himpunan pada kelas VII siswa SMP Yayasan
Pendidikan Islam Nur Fadhilah. Jenis penelitian ini adalah eksperime semu.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3
kelas dengan total jumlah keseluruhan yaitu 75 siswa. Sampel yang diambil
adalah kelas VII-I dan VII-II dengan jumlah dari tiap masing kelas adalah 25
oranr. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif
siswa adalah tes kemampuan berpikir kreatif dalam materi himpunan yang
diberikan dengan bentuk soal uraian yang telah divalidasikan terlebih dahulu.
Terdapat kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan dengan menggunakan
model pembelajaran Predict-Observe-Explain dan kelas kontrol yang akan diberi
perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pada taraf
signifikan =0.05 dan dk = n – 2 = 48 dengan thitung = 4.930147808 dan ttabel =
2.03486 sehingga terlihat thitung > ttabel yaitu 4.930147808 > 2.03486 yang berarti
bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh
pendekatan pembelajaran Predict-Observe-Explain terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa SMP kelas VII Yayasan Pendidikan Islam Nur Fadhilah