Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika pada Siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Yudha Sri
dc.date.accessioned 2020-11-12T01:32:25Z
dc.date.available 2020-11-12T01:32:25Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10680
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa dengan model Reciprocal Teaching sehingga dapat meningkatkan pula hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VII-4 dengan jumlah 33 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah aritmetika sosial. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 69%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase rata-rata kemandirian belajar matematika siswa sebesar 72% dan rata-rata hasil belajar matematika siswa 74,62 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,58%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase rata-rata kemandirian belajar matematika siswa sebesar 77% dan rata-rata hasil belajar matematika siswa 82,96 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,88%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemandirian belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa. Saran yang dapat diajukan adalah Reciprocal Teaching dapat dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Reciprocal Teaching en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Belajar Matematika en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Matematika pada Siswa MTs Negeri 3 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account