Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar matematika
siswa dengan model Reciprocal Teaching sehingga dapat meningkatkan pula hasil
belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus. Penelitian ini
dilaksanakan di MTs Negeri 3 Medan. Subjeknya adalah siswa kelas VII-4
dengan jumlah 33 orang siswa. Pokok bahasan yang diteliti adalah aritmetika
sosial. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar matematika.
Hasil penelitian sebelum tindakan menunjukkan persentase rata-rata kemandirian
belajar siswa sebesar 69%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase
rata-rata kemandirian belajar matematika siswa sebesar 72% dan rata-rata hasil
belajar matematika siswa 74,62 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar
57,58%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase rata-rata
kemandirian belajar matematika siswa sebesar 77% dan rata-rata hasil belajar
matematika siswa 82,96 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,88%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Reciprocal Teaching dapat meningkatkan
kemandirian belajar matematika siswa dan hasil belajar matematika siswa. Saran
yang dapat diajukan adalah Reciprocal Teaching dapat dilaksanakan oleh guru
untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.