Abstract:
Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui pengembangan perangkat tipe
learning tournament. (2) Mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran tipe
learning tournament. (3) respon siswa terhadap komponen dan proses
pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran tipe learning
tournament. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan model pengembangan 4-D
yang dimodifikasi, yaitu: pendefinisian (define), perencanaan (design) dan
pengembangan (develop). Subyek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas VIIII
SMP
Negeri
38
Medan
Tahun
Pelajaran
2017/2018.
Dengan
subjek
dalam
penelitian
ini
merupakan
perangkat
pembelajaran
yang
dikembangkan.
Penelitian
ini
mengahasilkan
perangkat
pembelajaran
yang
valid
dan
hasil
belajar
siswa
yang
efektif.
Hasil
penelitian
dengan
aspek
kevalidan,
aspek
kepraktisan
dan
aspek
keefektifan
(1)
Perangkat
pembelajaran
matematika
dengan
tipe learning
tournament yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria
valid. (2) angket respon siswa dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria
praktis. (3) tes hasil belajar yang digunakan telah memenuhi kriteria efektif
memenuhi ketuntasan belajar kalsikan siswa