Abstract:
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah model
Assessment For Learning melalui penilaian teman sejawat yang valid, praktis dan
efektif pada materi lingkaran? Penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimanakah model Assessment For Learning melalui penilaian
teman sejawat yang valid, praktis dan efektif pada materi lingkaran?
penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini
mengembangkan Bahan Ajar dan RPP dengan menggunakan model
pengembangan yang diadabtasi dari model pengembangan Thiagarajan, Semmel
dan Sammel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh Bahan Ajar dan RPP
yang dikembangkan untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah yang
valid, praktis, dan efektif meliputi : 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan,
dan 3) tahap pengembangan. Uji coba dilakukan meliputi uji coba ahli/ validasi
ahli, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan MTs
Negeri 2 Medan pada kelas VIII-3 yang berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian
yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, tes hasil belajar
siswa. Analisis kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data
kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar
skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan
persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini menghasilkan Bahan
Ajar dan RPP yang dikembangkan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan
efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk hasil
validasi, praktis, efetif sebagai berikut: 1) validasi Bahan Ajar 4,35 (valid), 2)
validasi RPP 4,27 (valid), 3) kepraktisan 4,38 (praktis), 4) efektif 81,41% (sangat
baik). Berdasarkan hasil rincian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model
Assessment For Learning melalui penilaian teman sejawat untuk pembelajaran
matematika.