Abstract:
Rumusan dalam penelitian ini adalah (1) apakah ada pengaruh model
pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika pada siswa
MAN 1 Medan T.P 2017/2018, (2) berapa persen pengaruh model pembelajaran
blended learning terhadap motivasi belajar matematika pada siswa MAN 1
Medan T.P 2017/2018.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika pada siswa
MAN 1 Medan T.P 2017/2018, (2) untuk mengetahui berapa persen pengaruh
model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika
pada siswa MAN 1 Medan T.P 2017/2018. Peneliti memilih sampel sebanyak
dua kelas, yaitu kelas X-MIA 7 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-MIA 8 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket yang berjumlah 20
butir pertanyaan. Angket yang diberikan berisikan pertanyaaan yang
menggambarkan kebisaan siswa tersebut. Dari data analisis yang diperoleh ratarata
pada
kelas
eksperimen
sebesar
82,825
dan
rata-rata
pada
kelas
kontrol
sebesar
78,275.
Penelitian
ini
menggunakan
uji
F
untuk
mengetahui
homogenitas
data.
Pengujian
hipotesis
dilakukan
dengan
menggunakan
uji
t.
Berdasarkan
hasil
perhitungan
uji
hipotesis
harga
thitung
=
2,8095
pada
taraf
signifikan
α
=
0,05
dan
dk
=
n1
+
n2
–
2
=
40+40
–
2
=
78,
maka
diperoleh
ttabel
=
1,99085.
Berdasarkan
hasil
perhitungan
uji
hipotesis
maka
diperoleh
thitung
>
ttabel
(2,8095
>
1,99085)
yang
artinya
Ha
diterima
dan
Ho
ditolak.
Diperoleh
uji
determinasi
sebesar
14,6%
sehingga
dapat
disimpulkan
bahwa
ada
pengaruh
yang
signifikan
sebesar
14,6%
terhadap
motivasi
belajar
matematika
dari
hasil
angket
motivasi
belajar
sedangkan
85,4%
sisanya
dipengaruhi
oleh
variabel
lain
yang
tidak
diteliti.