Abstract:
Metode Resitasi merupakan metode pembelajaran pemberian tugas kepada siswa
diluar jadwal sekolah atau diluar jadwal pelajaran yang pada akhirnya dapat
dipertanggungjawabkan kepada guru yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar matematika dengan menggunakan
metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP
PAB 2 Helvetia Medan T.P 2017/2018?. Bagaimanakah hasil belajar matematika
dengan menggunakan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar
matematika siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan T.P 2017/2018?. Bagaimanakah
pengaruh metode pembelajaran resitasi dibandingkan dengan menggunakan
metode konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa SMP PAB 2
Helvetia Medan T.P 2017/2018?. Populasi pada penelitian ini siswa kelas VII di
salah satu SMP PAB 2 Helvetia Medan. Sampelnya adalah siswa kelas VII-1
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol yang masingmasing
berjumlah 40 dan 38 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada
penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two Group Pre Test Post
Test only. Instrument yang digunakan adalah soal pretest dan posttest tentang
aritmatika sosial. Berdasarkan temuan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa,
pada taraf signifikan
05
,0
terdapat pengaruh metode pembelajaran resitasi
terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP PAB 2 Helvetia
Medan T.P 2017/2018.