Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi REACT
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI SMK
Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan
kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI SMK Negeri Medan T.P
207/2018. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI-MM 2 SMK Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 28 orang siswa.
Objek penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model
pembelajaran strategi REACT. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dan memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dalam setiap
siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada setiap siklus, siswa diberi tes akhir untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi Lingkaran.
Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes
dan observasi. Matematika siswa meningkat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan
yang terjadi pada tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini dapat ditunjukkan
dengan peningkatan hasil rata-rata sebesar 50,6 pada tes awal, meningkat 61,85
pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 78,85 pada siklus II, dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran strategi
REACT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Hasil
observasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya dengan
kategori baik. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh bahwa adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada pokok bahasan
Lingkaran di kelas XI-MM 2 SMK Negeri 9 Medan T.P 2017/2018 melalui
strategi REACT