Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana perangkat
pembelajaran matematika dengan model Realistic Mathematics Education hasil
pengembangan pada siswa MTs. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran,
dan perangkat penilaian berbasis Realistic Mathematics Education pada materi
kesebangunan dan kekongruenan untuk siswa MTs kelas IX. Kualitas produk
yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan. Prosedur Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada
model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan),
Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan
peneliti, penelitian dilakukan hingga tahan develop. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas IX-3 MTs Negeri 2 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengkur
kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian
RPP, Bahan ajar, LKPD, Media pembelajaran, dan Perangkat penilaian untuk
mengukur kevalidan perangkat tersebut.Kualitas kevalidan perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 3,85
dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata bahan ajar yaitu 3,73
dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 3,83 dari
skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik. Skor rata- rata media pembelajaran yaitu
3,83 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik, dan skor rata-rata THB yaitu
3,79 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik.