Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X Mas Al-Washliyah 22 TembungTahunPelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairiyah, Ulfa
dc.date.accessioned 2020-11-12T00:59:09Z
dc.date.available 2020-11-12T00:59:09Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10654
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini yang akan dilakukan peneliti adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Student Fasiltator and Axplaining dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa di kelas X-IIS’B MAS AL-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasiltator and Axplaining pada kelas X-IIS’B MAS ALWashliyah 22 Tembung T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IIS’B MAS AL-Washliyah 22 Tembung T.P 2017/2018 yang terdiri dari 39 orang siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan berpikir kritis matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Fasiltator and Axplaining dengan pokok bahasan Matriks. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa melalui model pembelajaran Student Fasiltator and Axplaining. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat kemampuan berpikir kritis siswa ditulis dalam bentuk tabel dan diagram. Pada tes awal tingkat kemampuan berpikir kritits siswa mencapai rata-rata 40,13 berada dalam kategori rendah, pada siklus I meningkat menjadi 64,10 tapi masih berada dalam kategori rendah , dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,76 dan berada dalam kategori tinggi. Hasil observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari tes awal memperoleh rata-rata sebesar 1,53, pada siklus I memperoleh rata-rata 2,59 dan pada siklus II memperoleh rata-rata 3,06. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dan observasi aktivitas siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining pada siswa MAS AL-Washliyah 22 Tembung meningkat ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa, serta kemampuan guru mengelola pembelajaran. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis Siswa en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas X Mas Al-Washliyah 22 TembungTahunPelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account