Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Meniru, Mengolah,
Mengembangkan (3M) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita oleh Siswa
Kelas VIII SMP Swasta Budisatrya Tahun Pembelajaran 2017-2018. Populasi
penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budisatrya yang berjumlah
156 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian kelas VIII-2 yang
berjumlah 38 siswa sebagai kelas eksperimen dalam bentuk One Group Pretest
Posttest Design.
Metode yang digunakan dalam ini adalah metode eksperimen dengan bentuk
desain one group pretest posttest yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat
apakah ada perbedaan yang belum diberikan perlakuan dan yang telah diberikan
perlakuan. Alat atau instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa tes
esai kemampuan menulis teks berita.
Hasil penelitian berdasarkan persentase nilai rata-rata kemampuan menulis teks
berita sebelum menggunakan strategi meniru, mengolah, mengembangkan (3M)
oleh siswa kelas VIII SMP Swasta Budisatrya adalah 65,26 dengan kategori
cukup dan nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita sesudah menggunakan
strategi meniru, mengolah, mengembangkan (3M) oleh siswa kelas VIII SMP
Swasta Budisatrya adalah 73,68 dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung =14,05. Selanjutnya
thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%) dengan
dengan dk N1 – 1 = 37 diperoleh ttabel = 1,68 berarti thitung > ttabel yaitu 14,05 > 1,68.
Dengan demikian, hipotesis berbunyi ada pengaruh strategi meniru, mengolah,
mengembangkan (3M) terhadap kemampuan menulis teks berita oleh siswa kelas
VIII SMP Swasta Budisatrya Tahun Pembelajaran 2017-2018 terbukti.