Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran
Everyone Is A Teacher Here terhadap kemampuan Memahami Teks Wacana oleh Siswa
Kelas X SMA Swasta Asuhan Daya Tahun Pembelajaran 2018/2019”. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Asuhan Daya Tahun
Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa dan peneliti menggunakan total
sampling yang terdiri dari 32 siswa dengan perlakuan berbeda yaitu sebelum dan
sesudah menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Metode
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data
kemampuan memahami teks wacana adalah tes essay. Setelah menghitung dan
mengolah data yang dilakukan hasil penelitian sebelum menggunakan metode
pembelajaran Everyone Is A Teacher Here memperoleh nilai rata-rata adalah 60,28
(termasuk dalam kategori baik). Sedangkan sesudah menggunakan metode pembelajaran
Everyone Is A Teacher Here memperoleh nilai rata-rata adalah 80,09 (termasuk kategori
cukup). Karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu 3,84>2,03. Maka
Hipotesis dari penelitian ini ada pengaruh metode pembelajaran Everyone Is A Teacher
Here terhadap kemampuan memahami teks wacana olej siswa kelas X SMA Swasta
Asuhan Daya Tahun Pembelajaran 2018/2019.