Research Repository

Model Komunikasi Pengusaha Dodol Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Khas Daerah Pasar Bengkel Perbaungan

Show simple item record

dc.contributor.author Simangunsong, Fachrul Ikhsandra
dc.date.accessioned 2020-11-11T09:08:54Z
dc.date.available 2020-11-11T09:08:54Z
dc.date.issued 2018-03-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10582
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Model Komunikasi Pengusaha Dodol Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Khas Daerah Pasar Bengkel Perbaungan”. Komunikasi memiliki peranan yang penting bagi para pengusaha dalam menjalankan usahanya, termasuk para pengusaha dodol yang ada di Pasar Bengkel Perbaungan. Melalui komunikasi pengusaha dodol bisa mempengaruhi para calon pembeli agar membeli dodol di kios mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model komunikasi pengusaha dodol dalam meningkatkan penjualan produk khas daerah pasar bengkel perbaungan. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah pengusaha dodol yang berjumlah 4 orang yaitu pemilik dodol kak ida, dodol deli, dodol saiyo, dan dodol rezza. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah merangkum data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Komunikasi yang digunakan para pengusaha dodol dalam meningkatkan penjualan adalah Model Berlo yang dikemukakan oleh David K Berlo yaitu SMCR kepanjangan dari Source (Sumber), Massage (Pesan), Channel (Saluran), dan Receiver (Penerima) dimana model ini merujuk pada konteks komunikasi massa. Melalui promosi yang dilakukan lewat media massa radio dan media sosial instagram ini mampu mendatangkan konsumen dan meningkatkan penjualan para pengusaha dodol yang ada di Pasar Bengkel Perbaungan. en_US
dc.subject Pengusaha Dodol en_US
dc.subject Model Komunikasi en_US
dc.subject Meningkatkan Penjualan en_US
dc.title Model Komunikasi Pengusaha Dodol Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Khas Daerah Pasar Bengkel Perbaungan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account