Research Repository

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengidenntifikasi Ciri Bahasa (Fitur Bahasa) Pada Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016

Show simple item record

dc.contributor.author Amalia, Dina
dc.date.accessioned 2020-11-11T09:06:04Z
dc.date.available 2020-11-11T09:06:04Z
dc.date.issued 2018-04-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10577
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (fitur bahasa) pada teks laporan hasil observasi, dan mendeskripsikan apakah model problem based learning lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperiment dengan design posttest only design, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mencari pengeruh antara dua variabel dengan menggunakan satu kali postes. Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes esai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammmadiyah 2 Medan yang berjumlah 57 orang siswa yang tersebar dalam 2 kelas, dimana tiap kelas terdiri dari 24 sampai 33 siswa. Kelas VII-A sebanyak 24 orang, kelas VI1-B sebanyak 33 orang. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 87,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,93, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model problem based leraning dapat memberi pengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (firur bahasa) pada teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016. Hal ini terbukti dengan uji statistik yang dilakukan. Berdasarkan uji-t, dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,36 lebih besar dari 1,666 dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri bahasa (fitur bahasa) pada teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembejaran 2015-2016. en_US
dc.title Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Mengidenntifikasi Ciri Bahasa (Fitur Bahasa) Pada Teks Laporan Hasil Observasi Oleh Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015-2016 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account