Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan pesan yang
disampaikan dari logo Komunitas Motor Di Kota Medan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Charles Sanders Peirce.
Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah sumber primer yaitu data
diperoleh dari anggota komunitas motor di Kecamatan Medan Kota. Dengan data
5 logo komunitas motor di Kota Medan. Dari hasil penelitian ini bahwa logo
komunitas motor di Kota Medan terdapat makna ikon, indeks dan simbol. Dalam
pembuatan Logo Komunitas Motor Di Kota Medan terdapat kesepakatan dalam
pembuatan logo tersebut. Dan mempunyai warna, bentuk dan huruf dalam
pembuatan logo tersebut. Dan komunitas motor di Kota Medan mempunyai aturan
yang harus dilakukan setiap anggota komunitas. Di dalam aturat itu anggota tidak
sesuka hati dalam berlalu lintas di jalan dan menggangu kenyamanan masyarakat
di Kota Medan.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan
observasi yang menggunakan alat bantu seperti telepon dan wawancara anggota
komunita motor di Kota Medan. Hasil penelitian ini yang didapat yaitu, 5 logo
komunitas. Disetiap makna yang terkandung di dalam logo komunitas motor
memiliki arti atau makna yaitu untuk mendidik, dan meluangkan rasa kasih
sayang. Dan mengandung nilai-nilai moral yang disampaikan dengan cara
menarik.
Dan hasil penelitian ini terlihat bahwa dalam logo Komunitas Motor di
Kota Medan terdapat makna dari tanda-tanda yang ada di dalam logo tersebut.
Makna yang ada dalam logo tersebut secara tidak langsung mengisyaratkan dan
memberikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang dilakukan oleh
komunitas motor dari rasa kekeluargaan, cinta tanah air dan memiliki rasa tolong
menolong kepada sesama serta membatuhi peraturan berlalu lintas guna untuk
memberikan kenyaman kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kota Medan.