dc.description.abstract |
Komunikasi berperan penting dalam segala aspek kehidupan, karena
memberikan sumbangsih besar dalam proses penyampaian pesan berupa informasi
dan pengetahuan khusunya dalam proses sosialisasi. Seorang anggota pusat informasi
konseling harus mempunyai kompetensi komunikasi yang baik dalam melakukan
sosialisasi materi program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar
terciptanya perubahan sikap dan pola fikir para siswa-siswi untuk menjadi remaja
yang produktif serta mampu menata dan merencanakan masa depan dan kehidupan
yang lebih baik dan berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi
komunikasi anggota pusat informasi konseling remaja (PIK R) SMA Harapan
Mandiri Medan dalam mensosialisasikan program penyiapan kehidupan berkeluarga
bagi remaja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R , teori ini
menjelaskan kemampuan ataupun kecakapan individu dalam memberikan pesan
(stimulus) kepada komunikan (organism) dengan tujuan menghasilkan efek (respon).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis
deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen
penelitian dengan narasumber 6 (enam) orang yang terbagi yangi menjadi 3 (tiga)
orang anggota pusat informasi konseling dan 3 (tiga) orang siswa-siswi.
Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi komunikasi anggota pusat
informasi konseling remaja (PIK R) SMA Harapan Mandiri Medan sudah cukup baik,
itu dilihat dari kemampuan anggota pusat informasi konseling remaja (PIK R) dalam
mensosialisasikan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga
dapat dipahami dengan baik oleh seluruh siswa dan siswi, kemampuan memahami
perbedaan latar belakang dan budaya siswa-siswi dengan baik, mampu menggunakan
komuniaksi verbal dan nonverbal dengan baik dan mampu mengelola program yang
menarik dan edukatif. |
en_US |