Research Repository

Penerapan Model Guided Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Parinduri, Nurul Ulfa
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:57:32Z
dc.date.available 2020-11-11T08:57:32Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10561
dc.description.abstract Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 36 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model guided discovery pada materi lingkaran. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I dan tes siklus II. Yang masing-masing terdiri atas 5 soal. Hasil analisis penelitian diperoleh dari 36 siswa pada tes awal terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan persentase 25%, dengan hasil itu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Pada siklus I terdapat 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan persentase klasikal 58,33%, hasil ini belum mencapai ketuntasan klasikal sehingga harus dilanjutkan dengan siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 32 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar atau sebesar 88,89%, dengan hasil pada siklus II ini menunjukkan bahwa tujuan penelitian ini sudah tercapai karena terdapat ≥ 85% siswa yang telah tuntas belajarnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan pada materi lingkaran T.P 2017/2018 en_US
dc.subject Model Pembelajaran Penemuan en_US
dc.subject Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery), Hasil Belajar en_US
dc.subject Terbimbing (Guided Discovery), Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) en_US
dc.title Penerapan Model Guided Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account