Abstract:
Tujuan dalam peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 36
siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa
dengan menerapkan model guided discovery pada materi lingkaran. Instrumen
yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes tertulis
yang berbentuk uraian sebanyak 3 tes yaitu tes awal, tes siklus I dan tes siklus II.
Yang masing-masing terdiri atas 5 soal. Hasil analisis penelitian diperoleh dari 36
siswa pada tes awal terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan
persentase 25%, dengan hasil itu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih
sangat rendah. Pada siklus I terdapat 21 siswa yang mencapai ketuntasan belajar
dengan persentase klasikal 58,33%, hasil ini belum mencapai ketuntasan klasikal
sehingga harus dilanjutkan dengan siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II
mengalami peningkatan yaitu 32 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar
atau sebesar 88,89%, dengan hasil pada siklus II ini menunjukkan bahwa tujuan
penelitian ini sudah tercapai karena terdapat ≥ 85% siswa yang telah tuntas
belajarnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menerapkan model guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan pada materi lingkaran T.P 2017/2018