Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa
RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian berbasis
model Scramble pada materi Logika Matematika untuk siswa SMK kelas XI.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model 4-D yang di modifikasi
tidak sampai ke Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam
Penelitian ini adalah lembar validasi (RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media
Pembelajaran dan Perangkat Penilaian).
Berdasarkan hasil validasi dari validator perangkat pembelajaran memenuhi kriteria
valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4 dari skor maksimal 5,00 dengan
kategori baik. Skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4 dari skor maksimal 5,00 dengan
kategori baik. Skor rata-rata LKPD yaitu 4,1 dari skor maksimal 5,00 dengan
kategori baik. Skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4 dari skor maksimal 5,00
dengan kategori baik dan rata-rata Perangkat Penilaian yaitu 4,1 dari skor maksimal
5,00 dengan kategori baik.
Hasil uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model
Scramble disimpulkan pada (a) ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90% dan
(b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektifan. Respon siswa terhadap
komponen dan kegiatan pembelajaran dengan model Scramble adalah positif.