Abstract:
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan melalui
media pembelajaran Flashcard terhadap kemampuan menulis teks berita oleh
Siswa Kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun Pembelajaran 2017-
2018.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Tarbiyah Islamiyah. Jumlah populasi
dalam ini adalah 73 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah
jumlah keseluruhan dari populasi yaitu kelas X1 38 siswa dan kelas X2 35 siswa.
Kelas X1 terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima
pembelajaran menggunakan media Flashcard sedangkan kelas X2 sebagai kelas
kontrol tanpa menggunakan media Flashcard. Metode penelitian ini bersifat
eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan
hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan
kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes esai dengan posttes-only
control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa
kemampuan menulis teks berita menggunakan media pembelajaran Flashcard
memperoleh nilai rata-rata 78,38 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan
menulis teks berita tanpa menggunakan media pembelajaran Flashcard
memperoleh nilai rata-rata 60,54 termasuk dalam kategori cukup.Berdasarkan
pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf ∝ = 0,05
maka diperoleh thitung> ttabel atau 2,65>1,66 sehingga alternatif (Ha) pada
penelitian ini terbukti kebenarannya diterima. Dapat disimpulkan terdapat
pengaruh yang signifikan media pembelajaran Flashcard terhadap kemampuan
menulis teks berita oleh Siswa kelas VII SMP Tarbiyah Islamiyah Tahun
Pembelajaran 2017-2018.