Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model Probing
Prompting dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa SMP
Hang Tuah 2 Medan T.P 2017/2018 ? (2) Apakah model Probing Prompting dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa SMP Hang Tuah 2 Medan
T.P 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah
dengan model Probing Prompting dapat meningkatkan keaktifan belajar
matematika pada siswa SMP Hang Tuah 2 Medan T.P 2017/2018. (2) Untuk
mengetahui apakah dengan model Probing Prompting dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika pada siswa SMP Hang Tuah 2 Medan T.P 2017/2018.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 28 siswa. Objek
penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan
model Probing Prompting pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis
penelitian ini dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini
diperoleh melalui observasi dan tes. Setelah data dianalisis diperoleh beberapa
temuan yaitu tes siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai
21,42% (6 siswa), siklus II mencapai 57,14% (16 siswa),dan siklus III mencapai
82,14% (23 siswa). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model belajar Probing Prompting dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar matematika siswa SMP Hang Tuah 2 Medan T.P 2017/2018