Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika
siswa kelas VII SMP Swasta Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran
Reciprocal Teaching dan Model Problem Based Learning pada pokok bahasan
bangun datar pada siswa SMP Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMP Swasta Bandung yang beralamat di Jln.
Pengabdian no.72 Kabupaten Deli Serdang. Populasi yang digunakan adalah kelas
VII-1 berjumlah 29 siswa dan kelas VII-2 berjumlah 30 siswa sampel yang
digunakan adalah 2 kelas yaitu VII-1 dan VII-2, dengan demikian sampel
penelitian ini berjumlah 59 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis
berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal.
Data analisis pre-test diperoleh rata-rata pada kelas VII-1 50,86 dan pada kelas
VII-2 yaitu 45,5, sedangkan untuk data post-test diperoleh rata-rata pada kelas
VII-1 yaitu 86,72 dan pada kelas VII-2 yaitu 82,27. Dari hasil perhitungan
diperoleh thitung 2,424 setelah membandingkan dengan ttabel pada dk =(N1 + N2) –
2=57 dengan taraf nyata α=0,05 diperoleh ttabel =2,002 dan ternyata thitung > ttabel
(2,424>2,002) maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Perbedaan Hasil Belajar
Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Model
Problem Based Learning pada pokok bahasan bangun datar pada siswa SMP
Swasta Bandung Tahun Pembelajaran 2017/2018.