Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Lestari, Oktavia Puji
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:48:31Z
dc.date.available 2020-11-11T08:48:31Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10541
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika peserta didik di kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kecil SMP PAB 2 Helvetia, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pengembangan perangkat pembelajaran bidang studi matematika di SMP PAB 2 Helvetia. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan tes. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika peserta didik dapat disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal sebesar 90% dan (b) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas kecil SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 en_US
dc.subject Perangkat pembelajaran en_US
dc.subject Model kooperatif tipe STAD en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa SMP PAB 2 Helvetia T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account