Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas perangkat
pembelajaran yang dikembangkan dengan model kooperatif tipe STAD terhadap
hasil belajar matematika peserta didik di kelas VII SMP PAB 2 Helvetia. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kecil SMP PAB 2 Helvetia,
sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe
STAD pada pengembangan perangkat pembelajaran bidang studi matematika di
SMP PAB 2 Helvetia. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD), Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D)
dengan menggunakan pengembangan model 4-D (four D Model) yang
dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi terdiri
dari 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan
tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi ahli dan tes. Teknik analisis data dalam pengembangan
perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : efektivitas perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil
belajar matematika peserta didik dapat disimpulkan pada : (a) ketuntasan belajar
peserta didik secara klasikal sebesar 90% dan (b) ketercapaian indikator berada
pada kriteria keefektivan. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan bilangan pecahan dapat
meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas kecil SMP PAB 2
Helvetia T.P 2017/2018