Research Repository

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (G Q G A) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Manurung, Permata Sari
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:46:52Z
dc.date.available 2020-11-11T08:46:52Z
dc.date.issued 2018-04-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10538
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Apakah pengguaan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa MTs Islamiyah Medan tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 MTs Islamiyah Medan yang berjumlah 207 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pengamatan digunakan untuk memperoleh hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa dan tes digunakan untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar serta keterlaksanaan proses pembelajaran materi aritmatika sosial menggunakan model giving question and getting answer.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis observasi, analisis ketuntasan belajar dan analisis ketuntasan klasikal. Hasil pengamatan aktivitas siswa denga model Giving Question and Getting Answer, yaitu pada siklus I diperoleh aktivitas siswa untuk diolah setelah pembelajaran selesai. Siswa yang memenuhi kriteria aktif 9 orang atau 33,33%, cukup aktif 11 orang atau 40,74%, kurang aktif 7 orang atau 25,93%. Pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 6 orang atau 22,22%, aktif 12 orang atau 44,44%, cukup aktif 7 orang atau 25,93%, kurang aktif 2 orang atau 7,41%. Pada siklus III siswa yang memenuhi kriteria sangat aktif 11 orang atau 40,74%, aktif 12 orang atau 44,44%, cukup aktif 4 orang atau 14,81%. Penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu pada siklus I Jumlah siswa yang tuntas belajar 20 orang (74,07%) dengan rata-rata 76,67. Pada siklus II mengalami kenaikan yaitu jumlah siswa yang tuntas adalah 26 orang (96.30%) dengan ratarata 82.96. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas 27 (100%) dengan rata-rata 89,26. Hal ini menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan secara Klasikal ≥ 80% en_US
dc.subject Efektivitas, Model en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.subject Giving Question and Getting Answer en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (G Q G A) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account