Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Bagaimana
Pengembangan Alat Peraga Benda Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika
untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah
Siswa Kelas IX SMP Al-Hikmah Medan tahun ajaran 2017/2018 dengan
mengambil kelas kecil sebanyak 30 siswa, dengan objek dalam penelitian ini
adalah alat peraga benda manipulatif untuk meningkatkan minat belajar
matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan
menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang telah dimodifikasi.
Proses pengembangan tersebut terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis, Design,
Development, Implementation dan Evaluation, tetapi pada penelitian ini tidak
sampai tahap Evaluation karena keterbatasan waktu. Hasil analisis data yang telah
diperoleh menunjukkan bahwa hasil alat peraga benda manipulatif yang
dikembangkan berada pada kategori berhasil dengan skor persentase minat
belajar dari siswa sebesar 84,17% pada kategori “sangat minat”. Hasil uji
kelayakan dari validator terhadap alat peraga benda manipulatif yang
dikembangkan berada pada persentase 84,75% dengan kategori “sangat layak” .