Research Repository

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa MTs Muhammdiyah 13 Tanjung Morawsa T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Syahidah.
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:32:27Z
dc.date.available 2020-11-11T08:32:27Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10518
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar matematika peserta didik dan belum adanya pengembangan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pemecahan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Tes hasil belajar berupa Pendekatan Metakognitif pada materi segitiga untuk siswa SMP kelas VII semester genap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan 4-D.4-D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi segitiga dengan model pembelajaran Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar perangkat pembelajaran untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran.Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP, Bahan Ajar, LKPD, dan Media Pembelajaran dengan model Pendekatan Metakognitif untuk siswa SMP kelas VII. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor akhir 4,38 dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil validasi Bahan ajar , diperoleh skor akhir 4,32 dengan kriteria “Baik”. (3) Berdasarkan hasil validasi LKPD, diperoleh skor akhir 4,24 dengan kriteria “Sangat Baik”. (4) Berdasarkan hasil validasi Media Pembelajaran, diperoleh skor akhir 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dikatakan valid. (5) Berdasarkan hasil validasi tes hasi belajar, diperoleh persenatase 4,28 dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran en_US
dc.subject Model Pendekatan Metakognitif en_US
dc.title Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa MTs Muhammdiyah 13 Tanjung Morawsa T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account