Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode outdoor
learning terhadap kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 3 Medan Tahun Pembalajaran 2017-2018. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan Tahun
Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari satu kelas.
Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian
pre-experimental desain dengan jenis one group pretest postes desaign. Instrumen
yang digunakan oleh penelitian untuk mengukur keberhasilan metode ini adalah
tes tertulis. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menulis
cerpen sebelum menggunakan metode outdoor learning masih sangat kurang nilai
rata-rata siswa 50 sedangkan kemampuan menulis cerpen sesudah menggunakan
metode outdoor learning siswa memperoleh nilai dalam kategori baik dengan
nilai rata-rata 94,44. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” thitung 44,44.
Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df =
N-1 = 35 maka diperoleh taraf signifikansi 5% = 1,68 , maka hipotesis nihil (nol)
ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan atas penggunaan pengaruh metode outdoor
learning terhadap kemampuan menulis cerpen siswa oleh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.