Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi siswa dalam belajar Matematika
pada siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan tahun pelajaran 2017/2018 dengan
menggunakan model Joyful Learning. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian
ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Muhammadiyah 07 Medan yang berjumlah 25
siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Penelitian
ini dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus, yang mana hasil observasi pada setiap
siklus mengalami perubahan kategori motivasi. Hasil observasi motivasi pada pra
siklus menunjukkan bahwa motivasi siswa masih berada pada kategori “Cukup”
dengan total skor 427 dan nilai 43. Hasil observasi motivasi pada siklus I
menunjukkan bahwa motivasi siswa berada pada kategori “Baik” dengan total skor
724 dan nilai 72. Namun pada siklus I masih ada beberapa item observasi yang
masih berada pada kategori cukup sehingga penelitian dilanjutkan sampai siklus II.
Hasil observasi motivasi pada siklus II menunjukkan bahwa motivasi siswa berada
pada kategori “Baik” dengan total skor 800 dan nilai 80. Maka dapat disimpulkan
bahwa penerapan model Joyful Learning dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa SMP Muhammadiyah 07 Medan T.P 2017/2018