Research Repository

Pengaruh model pembelajaran picture word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairunnisa, Putri
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:28:47Z
dc.date.available 2020-11-11T08:28:47Z
dc.date.issued 2018-04-04
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10508
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan melalui model pembelajaran picture word inductive oleh siswa kelas SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 05 Medan jalan Bromo, gang Aman, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang terdiri dari 2 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A (32 siswa) dan kelas VII-B (32 siswa). Kelas VII-A terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive sedangkan kelas VII-B sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Picture Word Inductive. Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes esai dengan posttest-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menyusun teks deskriptif menggunakan model pembelajaran picture word inductive memperoleh nilai rata-rata 74,21 dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan menyusun teks deskriptif menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 54,06 termasuk dalam kategori cukup baik. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada taraf = 0,05 maka diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 4,31 > 1,669. Karena nilai Thitung > Ttabel , maka disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran picture word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terbukti kebenaranya dan diterima. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Kemampuan Menyusun Teks Deskriptif en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran picture word inductive terhadap kemampuan menyusun teks deskriptif oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan tahun pembelajaran 2017-2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account