Research Repository

Tinjaun Pesan dan Makna Bahasa Visual Iklan JD.ID (Analisis Semiotika Iklan JD.ID Versi Komitmen)

Show simple item record

dc.contributor.author Syahputra, Ade
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:28:11Z
dc.date.available 2020-11-11T08:28:11Z
dc.date.issued 2018-03-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10507
dc.description.abstract Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media televisi terutama iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji”. Kreativitas media iklan dalam menyajikan pesan dalam sebuah cerita untuk menarik konsumen. Hal ini terlihat dalam iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” dimana perusahaan ingin menarik kepercayaan konsumen untuk tertarik dalam aplikasi jual beli online. Untuk menjelaskan masalah yang akan penulis teliti, dirumuskan masalah sebagai berikut, pertama apa makna Denotasi, Konotasi dan Mitos pada iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” yang tayang ditelivisi dilihat dari perspektif semiotika Roland Barthes ? Dan kedua, apa pesan yang terkandung dalam iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analis semiotik. Analisis semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna-makna terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer: data yang diperoleh dari rekaman iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji”, sumber data sekunder: data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penulisan ini. Ditinjau dari Denotasi, Konotasi dan Mitos pesan yang ingin disampaikan peneliti mendapatkan hasil bahwa iklan JD.ID versi komitmen “memberi bukti bukan janji” untuk menarik kepercayaan konsumen, menguatkan janji dalam melakukan transaksi jual beli dalam online dan saling berterima kasih dalam kesepakatan melakukan jual beli, dimana JD.ID merupakan Mall online yang beroprasi di Indonesia. en_US
dc.title Tinjaun Pesan dan Makna Bahasa Visual Iklan JD.ID (Analisis Semiotika Iklan JD.ID Versi Komitmen) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account