Research Repository

Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Sisiwa SMP Muhammadiyah 8 Medan T. P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Suryani
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:27:09Z
dc.date.available 2020-11-11T08:27:09Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10505
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perangkat pembelajaran menggunakan model eliciting activities hasil pengembangan pada siswa SMP Muhammadiya 8 Medan T. P 2017/2018? Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian dengan menerapkan model eliciting activities dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran berdasarkan aspek kevalidan dan aspek keefektifan. Prosedur pengembangan pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan), Subjek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian dengan menerapkan model Eliciting Activities pada materi segi empat. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilaian RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan THB untuk mengukur kevalidan dan angket respon siswa untuk mengukur keefektifan. Kualitas Kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,50 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,52 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata LKPD yaitu 4,52 dengan kriteria baik, skor rata – rata Media Pembelajaran yaitu 4,58 dengan criteria sangat baik dan skor rata – rata Tes Hasil Belajar yaitu 4,55 dengan kriteria sangat baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif. en_US
dc.subject perangkat pembelajaran en_US
dc.subject Model Eliciting Activities, en_US
dc.title Pengembangan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pada Sisiwa SMP Muhammadiyah 8 Medan T. P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account